Selasa, 12 Maret 2013

Tingkatkan Kualitas Tidur Anda

Seven Jon

Kualitas tidur seseorang mempengaruhi kinerja tubuhnya sehari-hari. Cukup istirahat dapat membuat tubuh lebih segar keesokan harinya.

Kesulitan mendapatkan kualitas tidur yang baik biasanya terjadi pada masyarakat di perkotaan. Mobilitas yang tinggi kadang membuat orang jadi mengabaikan waktu tidur. Padahal, tidur membantu tubuh untuk mengoptimalkan sistem organ dan menghasilkan beberapa enzim dan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak orang menyinggung soal “persiapan tidur”, yakni mencipatakan lingkungan tidur yang sempurna. Sebenarnya, mengatur lingkungan untuk tidur bisa dilakukan dengan tip yang dikutip dari buku Menjadi Remaja Sehat terbitan Mizan.

1. Ruang yang sejuk dan gelap adalah lingkungan terbaik. Suhu dan kegelapan tersebut memberikan sinyal kepada kelenjar pineal untuk memulai produksi melatonin yang membuat Anda tertidur.

2. Sebaiknya tidak ada komputer, ponsel, atau makanan di tempat tidur. Idealnya, tempat tidur hanya digunakan untuk tidur, bukan untuk kantor atau restoran. 

3. Timbulkan suara-suara lembut yang bisa membantu Anda untuk tidur. Bahkan, suara kipas angin pun bisa membantu Anda tertidur pulas. 

4. Kenakan pakaian tidur (piyama). Pakaian tidur sebaiknya tidak yang ketat dan tidak menyebabkan alergi. Banyak orang menganggap tidur menjadi lebih mudah di ruangan yang lebih sejuk, tetapi jika kaki Anda kedinginan, justru akan membuat Anda sulit tidur.  
5. Redupkanlah cahaya untuk beberapa saat sebelum waktu tidur untuk menghindari rangsangan yang disebabkan oleh polusi cahaya buatan, seperti dari televisi, komputer, dan lampu.
Comments
0 Comments

0 komentar: